totokBudiarto

dedicated to my beloved wife and my little angel

Cara Unhide File / Folder Yang Disembunyikan Virus

Khusus buat pemula aja, Selain itu harap tidak melanjutkan membacanya.. buang2 waktu aja.. :D

Diantara bro sekalian mungkin ada Flashdisk atau malahan hardisk komputernya yang kehilangan data karena ulah VIRUS.

sebenarnya virus tersebut (sebagian besar) tidak menghapus file tersebut, tetapi hanya mengesetnya menjadi file Hidden atau tersembunyi sehingga tidak tampak saat kita explore menggunakan windows explorer.

Ada dua macam file beratribut hidden

1. Hidden biasa
File ini berstatus hidden atau tersembunyi, akan tetapi masih dapat dilihat dengan menggunakan menu folder option pada control panel dengan mencari tab view dan memberi centang pada tulisan “show hidden files and folders” lalu OK

2. Superhidden
File ini berstatus Hidden dan tidak bisa dimunculkan meskipun menggunakan cara pada no.1 salah satu cara untuk bisa mengembalikannya adalah dengan mengeset attribut file tersebut agar status “hidden” dan status “system” nya hilang..

Nah di sini akan saya jelaskan sedikit perintah DOS Prompt untuk mengembalikan hidden jenis kedua tadi.

1. Buka menu run dan ketik “cmd” tanpa kutip lalu enter (OK)

2. Muncul tampilan DOS Prompt, arahkan directory ke tempat yang ingin dimunculkan


Misalkan data yang ingin dimunculkan berada di d:\ maka kamu harus mengetik “D:” tanpa kutip lalu enter

3. Setelah berubah menjadi D:\ maka kamu bisa mengetik perintah mengeset attrib agar system dan hidden dihilangkan statusnya dalam file
perintahnya dibawah ini

attrib –h –s *.* /s /d

atau lihat gambar dibawah ini :

- penjelasan perintah :

attrib : untuk menghapus/mensetting attribut

(-s) System file attribute

(-h) Hidden file attribute

/S  apply changes to subdirectories of current directory

/D  apply changes to folder names

4. Tunggu beberapa saat.. sampe muncul kembali d:\ pada baris terakhir..

5. Sukses deh..

Maka semua file tersembunyi yang ada di “D:\” hingga keseluruh subfoldernya ada dimunculkan kembali. tetapi dengan catatan bahwa komputer harus sudah bersih dari Virus, mengapa? karena meskipun kita munculkan kembali, akan tetapi masih bervirus, maka virus tersebut akan kembali menyembunyikannya.

Semoga tips ini bisa bermanfaat.
Salam

About these ads

23/12/2011 - Posted by | Tutorial | , , , , , , , , ,

12 Comments »

  1. bro mohon bantuannya
    kebetulan gua yang kena directory d
    trus begini jawabannya acces denied – d/system Volume information

    Comment by newbieparah | 29/03/2012 | Reply

    • thanks dah mampir…
      jalanin perintahnya harus punya akses administrator mas bro

      Comment by totokBudiarto | 30/03/2012 | Reply

      • gmnna cara buka akses administratornya

        Comment by Harry | 31/03/2012

      • harus di ubah akses user ybs ke admin di control panel bro

        Comment by totokBudiarto | 02/04/2012

  2. wah terima kasih mas atas petunjuknya, walau belum pernah mengalaminya, utuk berjaga – jaga saya rasa suatu saat akan sangat berguna bila mengalami hal seperti ini…
    sukses selalu..

    Comment by Jefry | 06/10/2012 | Reply

  3. makasih bro infonya, tapi kok akses user udah administrator masih acces denied?

    Comment by Sena | 23/10/2012 | Reply

    • Masa sih, coba ubah permission drivenya secara manual

      Comment by totokBudiarto | 31/10/2012 | Reply

  4. thanks..this help me so much..

    Comment by muti | 15/09/2013 | Reply

  5. thx bngt bngt mas bro , , sangat bermanfaat :)

    Comment by arull | 10/01/2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 290 other followers

%d bloggers like this: